Manipulasi Di AlfaMart & Indomaret, cara mehindarinya,

Haloo teman teman yang super ..

Kali ini saya davin akan berbagi tentang Manipulasi Di AlfaMart  dan Indomaret yang sering mengembat konsumennya hehe mengembat itu sama seperti me rampok dalam arti mangambil keutungan sediki sedikit tapi jadi bukit hehehe 

oke teman lanjutt

Sebenernya davin ingin memposting artikel/subjek ini sejak lama, tapi davin enggk tahu kenapa lupa dan tertunda hehehee, mungkin di perlukan tidak tega atau apalah,namun yang pasti saat ini, davin ingin "mocking" sedikit tentang bagaimana davin di perlukan dengan "tidak menyenangkan" selakun Konsumen.

Ceritanya begini teman, Semalam davin berbelanja di Alfa Mart Comal, Davin beli macem-macem lah banyak deh teman ,,, oke, yang ini tidak masalah.
Lalu davin keluupaan beli pisau cukur merk Gilette warna kuning. Harganya 3925 rupiah/ Oke, davin bayar dengan uang 50000-an. Dan ternyata kasirnya cuma ngembalikan uang 10.000 rupiah. dia bilang tidak ada 75 rupiah.

nah kemarin itu teman, Saya beli di Alfa Mart Pleburan. Saya beli malkist rasa Abon. Dari harga yang tertera, Saya melihat angka harga 4000 rupiah? nah? Kenapa musti di coret? repot bener nih?

Begitu juga di beberapa indomaret, Juga sama seperti itu lah teman,

Jadi entah bagaimana davin menyebutnya? Apakah ini tindakan manipulasi? Atau lebih parah boleh saya sebut sebagai pencurian bisa jadi perampok diam-diam? Kenapa harga 3925 tidak di hitung sebagai 3900, malah 4000? lalu kemana yang 75 rupiahnya?

Ada gosip kalau kelebihan uang itu adalah "komisi" dari konsumen kepada karyawan Minimarket seperti itu. Kelebihan-kelebihan uang seperti itu akan di kumpulkan dan di bagi untuk para karyawannya.

Well, Siapa yang tahu? Wallohua'lam ..... heheheh





Davin hanya kesal saja karena davin merasa di manipulasi dengan harga-harga yang tidak pas dan tidak sesuai disaat pembayaran.Harga-harga tersebut memang jatuhnya murah kalau saja davin berbelanja dalam partai besar, Kalau hanya 1-2 barang, Tetep saja jatuhnya mahal bukan?. dan bayangkan saja jika 75 rupiah di kali 10 pembeli. Sudah 750, kalikan 100, kalikkan 10000. jauh ya perhitungannya? tapi bukan tidak mungkin target pembeli bisa mencapai nilai segitu , bisa bisa lebih tuh teman sungguh Luar Biasa nih.

Davin bukanya tidak iklas atau apa dan davin tidak memukul rata semua Alfamart atau Indomaret seperti itu. Mungkin ada juga yang membulatkan harga dengan seenaknya. Ada yang malah tidak menghitung kelebihan harga itu.

Misal, 3925 di hitung 3900. Pasti ada, karena davin pernah sekali mengalaminya dimana kasir AlfaMart, davin lupa daeramana, Menghitung dengan cara seperti itu. Tapi Baru kali sekali davin mengalaminya dan berkali-kali davin mengalamin hal yang tidak mengenakan sekali.


PERSAAN INI >> SAMA HALNYA DEH KETIKA DAVIN DI BERI BEBERAPA PERMEN UNTUK KEMBALIAN BELANJA. DAVIN PAKAI UANG KENAPA DAVIN DI "SUSUKI" atau di kembaliin permen?????? Emang Situ mau KALAU DAVIN BELANJA BAYAR PAKE PERMEN !! kan anehhh ...



Dan pada saat inilah saya sebagai konsumen dan mungkin juga anda, harusnya menunjukan sebagai konsumen yang cerdas. Hanya saja memang, kadang-kadang hal itu di lakukan dengan perasaan tidak enak bisa jadi kita malu karna hal yang sedikit , Atau juga tidak mau cari gara-gara di muka umum hanya uang 25 atau 50 perak, Tetapi kalo kita berani proter ,kasih akan merasa bersalah dan meminta maf loh karna emank mereka sudah sering manipulasi seperti itu tidak hanya 1 sampai 2 kali saja walaupun cuman 50 perak yang di manipulasi.

Tapi memang halnya seperti ini tidak selayaknya di biarkan. Karena bagaimanapun, Kesejahteraan karyawan minimarket itu adlah tanggung jawab para pemilinya, Bukan kita-kita juga konsumen yang harus tanggung renteng urunan buat kasih komisi yang secara tidak langsung di ambil dari pembulatab harga yang semena-mea seperti yang davin alami semalam huh pengalaman yang memberu banayak pembelajaran.

Inget Teman-Teman JANGAN BILANG HITUNG_HITUNG AMAL yaa??? !!!!!!

Percuma juga di hitung amal kalau sayanya sendiri tidak iklas. Toh masih banyak cara yang lebih enak dan evektif buat beramal kok teman? Bukan dengan cara di manipulasi seperti itu.

Harusnya, Pemilik minimarket seperti itu memberikan pendidikan bagaimana berbisnis yang baik demi keputuasan Konsumenya. dan para superviso bisa menindak tegas pada tiap kasir yang melakukan manipulasi. Demi apa lagi kalu bukan demi kelangsungan bisnis mereka sendiri?
ya kan teman !!?? 

Cuma sayang nya, masih sedikit konsumen yang mau cerewet untuk protes soal beginian. Yaaa barang kali salah satunya adalah dengan tidak meributkan hal kecil seperti ini , gitu aja koq repot hehehehe.
Sekali lagi teman ini bukan masalah dalama memikirkan hal kecil atau meribetkan etika berdagang yang baik.

Setidaknya memang harus ada Win-Win solution untuk ini. Nggak papalah mau pakai pembulatan harga, yang jelas dan penting masih rasional.


Makanya teman, Sekarang, kalau bisa dan mau belanja banyak, davin sering pake kartu debit BCA, soalnya kasir pasti tidak akan membulatkan harga, pasti di tulis seadanya, jadi menghindari "Manipulasi" harga yang penting kayak gitu tu. Lebih enak dan nyaman koq hehehe

diatas itu sedikit tips untuk bisa menghindari hal-hal manipulasi yang terjadi.


yahh sudah ya teman sekian berbagi davin kali ini

Semoga bermanfaat bagi teman-teman ya ,,,,,,,, :) :) :)

jangan lupa like & coment yaa teman

heheh gratis koq like & coment nya g pake paypal hehehe kiding :)

Terimakasi ......

0 komentar:

Posting Komentar