Cara memilih baju lebaran 2014

nah teman kali ini ada cara untuk memilih baju lebaran buat anak atau saudara kita
lanjuuutt ya teman

Baju anak-anak mulai banyak dicari pada saat-saat menjelang puasa dan lebaran seperti saat ini. Toko-toko pakaian, mall-mall dan pusat perbelanjaan banyak dipadati oleh para pengunjung untuk sekedar melihat tren baju lebaran terbaru, atau bahkan sudah berencana membeli baju lebaran untuk keluarga. Dan memang, momen lebaran akan terasa kurang lengkap tanpa hadirnya baju baru lebaran. Baju baru saat lebaran memang telah menjadi semacam tradisi bagi hampir semua umat muslim di Indonesia.
Selain itu, membiasakan anak-anak untuk memakai baju muslim apalagi saat lebaran memang sebaiknya dilakukan sejak kecil. Tetapi cara berpakaian pada anak-anak memang  tidak serumit pada orang dewasa. Jika anda, selaku orang tua ingin membelikan baju lebaran untuk anak-anak maka yang paling utama diperhatikan yaitu kenyamanan saat buah hati anda memakainya.
baju anak-anak untuk lebaran
Dengan semakin tingginya animo dan permintaan masyarakat akan baju baru untuk keperluan lebaran, maka para produsen baju-baju untuk keperluan lebaran pun ramai berlomba-lomba mengkreasikan model, motif dan bahan pakaian lebaran. Terutama busana-busana muslim. Baik untuk pria, wanita, dewasa mau pun anak-anak. Dan apabila semakin mendekati hari lebaran para produsen pakaian ini juga akan semakin gencar mengeluarkan berbagai produk terbaru dan beraneka model baju lebaran.
Kadang bagi sebuah keluarga besar akan memilih menggunakan baju yang seragam dengan anggota keluarga yang lain saat lebaran. Baju yang seragam dan identik memang dapat menimbulkan kesan tertentu. Namun hal seperti ini perlu dimusyawarahkan terlebih dahulu. Perlu didiskusikan mengenai kecocokan warna, model dan bahan yang akan digunakan agar seluruh keluarga besar dapat mengenakannya saat hari lebaran bersama-sama.
 Sebenarnya memilih baju lebaran yang cocok bagi anak tidaklah sulit. Baik itu baju untuk anak laki-laki maupun anak perempuan, dapat dipilih dengan mudah asalkan ibu tahu dan memahami cara memilihkan baju lebaran yang terbaik. Dan Sebagai orang tua anda pasti juga menginginkan tampilan putra dan putrinya tetap modis dan sesuai dengan acara saat lebaran. Oleh karena itu, sebagai orang tua perlu untuk mengetahui beberapa poin yang penting serta anda pahami selaku orang dalam memilih baju lebaran yang tepat untuk anak.
model lebaran baju anak-anak
Dan pada artikel kali ini sengaja akan membahas mengenai baju anak-anak saat lebaran. Saat memilih baju anak-anak memang perlu perhatian khusus disamping memperhatikan model yang cocok juga perlu untuk berhati-hati dalam memilih bahan pakaian, karena apabila anda memilih pakaian untuk si kecil pilihan bahan mengantisipasi bahan yang mungkin dapat membuat putra putri anda mengalami alergi atau juga menyebabkan gatal-gatal pada kulit anak-anak yang sensitif. Dan berikut ini merupakan beberapa tips untuk memilih baju lebaran untuk putra putri tercinta anda.
  1. Pilihlah baju lebaran sesuai kesukaan anak
Dalam memilih baju lebaran untuk anak-anak memang gampang-gampang sulit. Terutama dalam memilih baju lebaran yang sesuai dengan kesukaan anak-anak. Sebelum ibu membelikan si kecil baju lebaran, sebaiknya memperhatikan hal ini (sesuai dengan kesukaan anak) karena biasanya orang tua sering memaksakan model baju yang orang tua kehendaki kepada anaknya, padahal si anak belum tentu menyukai model baju lebaran yang sudah dipilihkan tersebut, dan yang terjadi justru si kecil malah jarang atau bahkan tidak mau memakai baju lebaran yang sudah dipilihkan tersebut, nah cara yang terbaik adalah menanyakan pendapat anak-anak terlebih dahulu sebelum ibu  memutuskan untuk membelikan baju seperti apa untuk putra-putri anda. Karena memang seringkali selera model baju anak-anak jauh berbeda dengan selera model baju orang tuanya. Jadi belum tentu apa yang disukai orang tua, juga pasti akan disukai oleh putra putrinya.
Dalam hal ini perlu adanya peran orang tua untuk mengarahkan selera/ model kesukaan anak-anak agar pas dan cocok dengan yang dimaui anda selaku orang tua. Serta untuk mengarahkan dan memberi pengertian tentang model baju lebaran yang sesuai dan cocok dengan usia anak-anak. Dan apabila hal tersebut telah diterapkan maka anak-anak akan memilih baju yang mereka sukai sekaligus juga sesuai dengan yang dikehendaki orang tua. Atau kiranya akan lebih mudah dan bijak bagi ibu untuk mengajak putra putrinya untuk ikut berbelanja bersama dan anak-anak dapat menentukan sendiri pakaian lebaran kesukaannya. Jika buah hati anda telah menemukan baju lebaran yang cocok dan sesuai maka mereka akan mau memakainya dengan perasaan senang dan gembira, atau malah bangga dengan baju barunya dan memamerkannya kepada teman-temannya.
Sebagai saran saja pilihlah baju yang tidak mengganggu aktifitas sang buah hati. Karena sesuai dengan usianya yang dalam masa aktif, biasanya anak-anak akan sangat aktif bergerak dan bermain. Jadi usahakan pakaian lebaran yang dipilih cukup sederhana saja dan tidak mengganggu gerak si kecil. Ukuran baju juga perlu anda perhatikan, pilihlah baju yang pas dan longgar sesuai dengan ukuran tubuh anak. Tidak terlalu sempit juga tidak terlalu besar sehingga terkesan kedodoran.
Untuk baju lebaran anak-anak cukup pilihkan baju dengan model sederhana yang tidak terlalu banyak menggunakan detail. Misalnya seperti baju dengan aneka model kerah dan menggunakan banyak aksesoris seperti pita atau manik-manik. Sebagai referensi pilihan, ibu bisa memilihkan baju model koko polos atau dengan sedikit tambahan bordir dipadukan dengan peci. Sedangkan untuk anak perempuan anda bisa membelikan mereka busana muslim dengan tambahan kerudung sebagai pemanis penampilan di saat hari lebaran.
  1.  Pilih warna pastel yang netral
Tips memilih baju lebaran anak-anak selanjutnya yaitu memperhatikan pilihan warna. Jika orang tua ingin tampil kompak dengan buah hati saat lebaran (meski tidak seragam) bisa memilih baju anak dengan warna senada. Biasanya warna putih jadi warna baju pilihan yang sering dipakai saat Lebaran. Ibu juga bisa mengganti warna putih dengan warna krem atau warna-warna pastel lainnya. Dengan memakai baju berwarna netral dapat membuat suasana berkumpul keluarga terasa lebih hangat dan terkesan akrab. Saat ini bahkan telah banyak muncul baju-baju lebaran dengan berbagai model yang memakai aneka pilihan warna.
Pemakaian warna baju lebaran juga dapat disesuaikan dengan model baju lebaran. Saat ini telah muncul beraneka ragam model busana muslim untuk lebaran dengan aneka pilihan warna. Akan tetapi untuk putra putri anda sebaiknya tetap menggunakan pilihan warna yang netral.
Pertimbangan yang berbeda digunakan pada usia anak yang lebih besar. Pada anak-anak yang menjelang remaja mungkin sudah memasukan keserasian antara warna kulit dengan baju yang mereka pakai.
  1. Memilih baju lebaran  sesuai dengan kenyamanan si anak
Pada masa anak-anak, pertumbuhan berat badan dan tinggi badan berkembang dengan cepat. Oleh karena itu penting juga untuk ibu perhatikan dalam memilih baju lebaran. Disarankan untuk membeli baju lebaran yang sedikit lebih besar dari ukuran tubuh si kecil sebagai antisipasi jika baju lebaran dapat dipakai dalam aktifitas lain dalam jangka waktu yang lumayan panjang. Selain itu juga berkaitan dengan masalah kenyamanan sehingga baju lebaran yang dipakai tidak sesak dan longgar serta mendukung ruang geraknya.
Baju yang longgar akan membuat sirkulasi udara didalam baju menjadi lancer, sehingga mencegah munculnya tumpukan keringat yang dapat menimbulkan iritasi kulit dan infeksi kuman penyakit.
Kenyamanan dalam memilih baju lebaran bagi anak-anak juga mengenai postur tubuh. Sebelum membelikan baju lebaran sebaiknya pertimbangkan dahulu postur tubuh si kecil. Apakah sesuai dengan postur tubuh anak. Postur tubuh memang hamper mirip dengan ukuran baju. Akan tetapi ada perbedaannya. Postur tubuh lebih kepada postur tubuh yang kecil, besar atau kurus atau mungil.sedangkan ukuran baju lebih pada ukuran small, large,  extralarge, atau bahkan double. Postur tubuh yang kurang ideal dapat disiasati dengan motiv pada baju. Penggunaan motif garis baik horizontal atau vertical dapat mensiasati postur tubuh. Juga penggunaan motif yang detail atau bersegmen juga dapat berfungsi sama.
  1. Aman untuk kulit si buah hati
Dalam pemilihan bahan baju lebaran, ibu juga perlu memahami karakteristik dari sang buah hati. Apakah putra putri anda termasuk anak yang  lincah dan aktif  yang selalu ingin bergerak kesana kemari? Jika iya, maka anda  harus memilih baju lebaran  dengan bahan yang lembut dan nyaman serta menyerap keringat dengan mudah dan juga  tidak kasar sehingga buah hati anda akan selalu merasa nyaman saat memakainya. Hal lain yang juga penting untuk ibu perhatikan dalam memilih baju lebaran anak-anak yaitu mengenai kualitas bahan dari baju lebaran yang akan dipakai oleh buah hati anda.
Pilihlah baju lebaran dari jenis kain katun yang lembut. Baju yang berbahan katun akan mudah menyerap keringat sehingga aman dan nyaman untuk kulit si kecil, sekaligus putra putri anda tidak mudah merasa gerah dan panas saat lebaran. Termasuk juga untuk menjaga kesehatan kulit si kecil ibu juga perlu mewaspadai jenis-jenis kain tertentu yang dapat menimbulkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit sang buah hati.
Perlu ibu catat juga agar menghindari pemakaikan baju lebaran dari bahan linen, wol atau parasut pada anak-anak, karena bahan-bahan tersebut tidak dapat menyerap keringat dengan baik.
  1. Harga baju lebaran
Walaupun hal ini bukan pertimbangan utama, namun hal ini tidak dapat diabaikan. Dalam membeli baju lebaran harga baju lebaran sebaiknya disesuaikan dengan anggaran yang ada. Hal ini sebenarnya juga berlaku tidak hanya bagi anak-anak, namun berlaku secara umum. Anggaran belanja baju lebaran perlu anda buat terlebih dahulu agar anda tidak mengeluarkan uang untuk baju-baju lain yang sebenarnya kurang dibutuhkan
Yang terpenting untuk ibu perhatikan dalam memilih baju lebaran yang tepat untuk si buah hati yaitu jangan memaksakan kehendak orang tua dalam memilih model baju, bahan atau warna baju lebaran. Jika hal tersebut dilakukan dan si anak tidak merasa cocok dengan pilihan orang tuanya maka membeli baju lebaran hanya akan membuang buang uang, karena si kecil biasanya tidak akan mau memakai baju lebaran tersebut.

oke teman-teman semoga bermanfaat ya

yang mau mudik lebaran hati-hati di jalan ya semoga selamat sampai tempat tujuan
amiiinnn ,,,

teman jangan lupa like & Comment ya ...
Terimakasi ... :)

0 komentar:

Posting Komentar