Busana, Baju lebaran Muslim yang Pas

oke teman-teman sekarang saya akan berbagi mengenai busana muslim yang sesuai dengan perintah agama muslim ya
tidak perlu tunggu lama teman mari kita simak ya :)

Tidak sedikit wanita yang bigung cara memilih busana muslim yang tepat dan hal ini dapat membuat busana muslim yang dipilih tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Jadi bagaimanakah cara kita untuk memilih busana muslim yang tepat? Simak tips berikut ini:


1. Sesuaikan dengan ajaran agama
Yang terpenting dalam memilih busana muslim adalah menyesuaikan dengan ajaran agama Islam. Pilihlah busana muslim yang menutupi aurat secara sempurna. Dan perlu diingat dalam pemilihan busana muslim jangan memilih busana muslim yang memiliki model terlalu ketat karena selain teman tidak akan nyaman ketika menggunakannya, pemilihan model terlalu ketat juga dapat membuat lekuk tubuh teman semakin menonjol.
2. Pilih busana muslim sesuai dengan aktivitas
Dalam pemilihan busana muslim harus menyesuaikan dengan aktivitas teman. Jika teman akan banyak beraktivitas maka pilihlah busana muslim yang tidak mudah kusut dan menyerap keringat agar lebih nyaman ketika menggunakannya. Untuk teman yang tak banyak aktivitas atau hanya diam di rumah maka pilihlah busana muslim yang simpel tidak terlalu banyak hiasan.
3. Pilihlah busana nuslim yang membuat teman-teman nyaman
Dalam memilih busana muslim sebaiknya teman harus memperhatikan kenyamanan dalam berbusana. Busana muslim pastinya akan menutupi tubuh secara menyeluruh jadi teman harus memilih busana muslim yang memiliki bahan yang mudah menyerap keringat, nyaman ketika dipakai dan lentur. Untuk itu sebaiknya teman memilih busana muslim yang terbuat dari bahan viscos, katun, dan sutera.
Untuk membuat teman nyaman ketika menggunakan busana muslim sebaiknya memilih busana muslim yang sesuai dengan ukuran tubuh. Artinya jangan kebesaran atau jangan kekecilan agar teman nyaman ketika menggunakan.
4. Padukan dengan koleksi yang sudah ada
Bila ingin membeli busana muslim yang baru, jangan lupa untuk memcocokkan warna dan model dengan koleksi busana muslim yang sudah ada. Hal ini penting, Supaya teman-teman dapat memadukan (mixed and matched) dan dikreasikan dengan koleksi busana muslim yang sudah ada.
5. Pilihlah busana muslim yang menutupi kekurangan
Ketika teman membeli busana muslim, cobalah cari model busana muslim yang dapat menggurangi kekurangan teman. Jika teman-teman memiliki tubuh yang kurus sebaiknya memilih model busana muslim tumpuk dan warna yang lebih cerah. Dan untuk teman yang mempunyai tubuh sedikit gemuk pilihlah busana muslim yang memiliki warna gelap agar teman tidak kelihatan gemuk.
Kesesuaian bentuk tubuh
Terkait kesesuaian pakaian dengan bentuk tubuh, berikut empat tips khusus memilih baju busana muslim atau baju Lebaran sesuai bentuk tubuh.
1. Untuk tubuh lurus
Bagi teman-teman yang memiliki tubuh lurus, sebaiknya berikan perhatian pada cara menambahkan lekukan tubuh. Pilih baju muslim yang berpotongan di pinggang. Misalnya saja gamis atau abaya yang dilengkapi detail pada pinggang. Sebagai referensi lihat gambar di bawah ini:
Shafira Beyond Borders2
Shafira, Beyond Borders
Jika teman-teman tidak ingin mengenakan terusan panjang, busana model ‘two-pieces’ pun bisa dijadikan pilihan. Alihkan perhatian dengan memilih atasan berdetail atau bawahan yang berpotongan longgar. Seperti salah satu busana muslim karya Ghea Panggabean ini yang menghadirkan celana jodhpur dan detail bordir pada atasan, dengan contoh di bawah ini:
Salah satu busana muslim karya Ghea Panggabean, menghadirkan celana jodhpur dan detail bordir pada atasan. (Foto: Walipop)
Salah satu busana muslim karya Ghea Panggabean, menghadirkan celana jodhpur dan detail bordir pada atasan.
Untuk tubuh lurus, sebaiknya hindari model busana yang ketat karena akan mempertegas bentuk tubuh teman yang sebenarnya. Namun, bukan berarti teman bisa mengenakan busana yang terlampau longgar. Pakaian seperti ini justru membuat teman semakin tak memiliki lekuk tubuh.
2. Untuk tubuh jam pasir
Pilihan untuk bentuk tubuh ini lebih bervariatif. Intinya, hanya perlu mempertegas kelebihan teman, yaitu lekuk tubuh. Berekpresilah dengan baju muslim yang memilik detail pada pinggang, salah satunya gamis berdraperi seperti di bawah ini:
Berekpresilah dengan baju muslim yang memilik detail pada pinggang - Tuty Adib (Foto: Walipop)
Berekpresilah dengan baju muslim yang memilik detail pada pinggang 
Untuk alternatif lain, teman-teman bisa mencoba gaya retro ala tahun ’50an. Misalnya, rok maxi berpotongan high waist yang dipadukan bersama kaus pas badan berlengan panjang. Bagi pemilik tubuh jam pasir, hindari memilih baju muslim yang terbuat dari bahan tebal dan berat, seperti rajut karena akan menambah volume tubuh teman.
3. Untuk tubuh mungil
Untuk tubuh mungil, pilihlah busana yang tidak terlalu panjang seperti terusan maxi, karena akan menciptakan kesan ‘tenggelam’. Sebaiknya, pakai busana yang pas di tubuh namun tidak terlalu ketat dan lengkapi penampilan dengan sepatu hak untuk kesan jenjang. Busana muslim yang longgar bukan pilihan yang tepat untuk teman, ada baiknya jika memilih busana muslim ‘two-pieces’ seperti di bawah ini:
Busana muslim ‘two-pieces’ (Foto: Walipop)
Busana muslim ‘two-pieces’
Kesimpulan
Jadi terlepas dari apapun busana atau pakai muslim pilihan Anda, maka yang perlu dipastikan adalah busana itu memenuhi kaidah kenyamanan, kesehatan, kesopanan dan kepraktisan.
Kenyamanan – Jangan memaksa jika ingin membeli baju baru dengan mode tertentu. Bila teman merasa kurang nyaman dengan baju tersebut sedikit saja, jangan memaksa untuk membelinya. Baju yang kurang nyaman hanya akan membatasi gerakan teman saat bertemu dengan sanak saudara.
Kesehatan - Pilih bahan baju yang menyerap keringat. Pilih bahan yang nyaman seperti, katun atau sifon. Jangan memilih busana yang terbuat dari bahan organdi dan shantung karena bisa menimbulkan bau tak sedap jika terkena keringat. Walaupun nyaman, busana berbahan kaos terkesan terlalu santai untuk momen lebaran.
Kesopanan - Sesuai tema Idul Fitri, sebaiknya kenakan baju yang sopan. Tak perlu selalu memilih baju muslim, busana berpotongan longgar bisa juga mempercantik teman di hari raya. Kaftan etnik dan maxi dress berlengan adalah beberapa model yang bisa jadi pilihan. Bagi teman-teman yang tidak memakai jilbab, memakai pashmina atau kerudung bisa jadi pelengkap penampilan.
Kepraktisan – Kegiatan lebaran yang mengharuskan teman untuk mengunjungi banyak saudara dan kerabat akan lebih nyaman mengenakan busana yang praktis, misalnya dalam pemilihan sepatu.
Gunakan sepatu hak datar (flat). Tetapi jika kurang percaya diri dengan flat, Teman bisa mengenakan wedges yang juga tak kalah nyamannya.

nah teman-teman gimana tip-tip nya ,,,
semoga bermanfaat ya teman ,,,

jangan lupa like & comment ya teman-teman :)

Terimakasi .....

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Posting Komentar